Workshop

Sabtu 8 oktober 2016 di aula FMIPA Unsyiah diadakan workshop Asuhan Kefarmasian dengan tema “ Konseling Pasien dengan Penyakit Saluran Pernafasan di pasien dengan Penyakit Diabetes Melitus” yang disampaikan oleh pemateri Prof. Dr Zullies Ikawati, Apt. Workshop ini diadakan wajib bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah asuhan kefarmasian. Asuhan kefarmasian ini sendiri merupakan mata kuliah yang menjelaskan tentang praktek Apoteker dengan paradigma baru, definisi dan ruang lingkup, kompetensi apoteker ptraktek, langkah-langkah menerapkan asuhan kefarmasian, kunci kebutuhan pasien akan kebutuhan obat, kategori problema terapi obat dan penyebabnya, kendala-kendala praktik dan pemasaran asuhan kefarmasian. harapannya dengan diadakannya workshop ini mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang asuhan kefarmasian itu sendiri.

Pada pukul 09.00 wib acara dimulai dengan dipandu oleh pembawa acara, dan dibuka secara resmi oleh dosen farmasi yaitu bapak Dr. rer nat. Khairan, M.Sc, . Sebelum dibuka secara resmi pak khairan menyampaikan tentang penggunaan kurikulum baru dimana diharapkan penerapannya tidak memberatkan mahasiswa.

Setelah acara resmi dibuka , dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof Dr. Zullies, diawal pemberian materi para peserta terlihat serius mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh prof. Dr Zullies, dimana penjelasan yang disampaikan itu sendiri memang hal yang dibutuhkan oleh seorang farmasis. Disepanjang penyampaian materi tidak hanya peserta yang terlihat serius tapi para penonton yang hadir pun tak kalah serius. Setelah materi yang disampaikan habis dilanjutkan dengan topik mengenai peranan apoteker pada pasien yang mengalami kesulitan saluran pernafasan (asma). Setelah kedua topik tersebut disampaiakn oleh Prop. Dr Zullies selesai dilanjutkan dengan diskusi kasus oleh para peserta yang terbagi kedalam beberapa kelompok. Dimana kasus yang diberikan mengharuskan para peserta berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing. Para kelompok diberikan waktu sekitar 15-20 menit untuk berdiskusi, setelahnya perwakilan dari kelompok akan menjelaskan dan memperagakan kasus yang diberikan, seperti bagaimana cara kerja obat, efek samping obat, konseling antara peserta dan pasien. Setelah kelompok tersebut menjelaskan dan memperagakan kasus tersebut dilanjutkan dengan pemberian komentar oleh Prof.Dr Zullies, diskusi mengenai penyakit asma berlanjut sampai 3 kelompok tampil.

Selanjutnya setelah diskusi kasus dan pembahahasan tentang asma dilanjutkan dengan topik Konseling pasien dengan penyakit diabetes melitus yang masih disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Zullies. Setelah narasumber memberikan materi dilanjutkan lagi dengan studi kasus tentang pasien dan penyakit diabete melitus, dimana sistem diskusi yang dilakukan sama dengan diskusi sebelumnya.

Setelah semua kelompok melakukan peragaan dan diskusi selesai, acara ditutup oleh ibu Azizah Vonna, M.Pharm, Apt. selaku perwakilan dosen dari jurusan Farmasi dan pemberian penghargaan berupa Plakat kepada narasumber. Setelah pemeberian penghargaan acara workshop Asuhan Kefarmasian selesai.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya