Jurusan Farmasi FMIPA Unsyiah Gelar Bakti Sosial Menanam TOGA

Tim dosen Jurusan Farmasi FMIPA Unsyiah bersama mahasiswa menggelar bakti sosial (baksos) pada sabtu 24 September 2016 di desa Bak Sukon, Kecamatan Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Berbagai kegiatan digelar diantaranya penyuluhan tentang tanaman obat keluarga (Toga) dan pemamfaatannya bagi kesehatan, pembuatan kebun tanaman obat keluarga binaan Jurusan Farmasi FMIPA Unsyiah, penyuluhan pola hidup sehat bagi anak-anak dan penghijauan di waduk keliling.

Siti hajar (60 thn) salah satu warga desa Bak Sukon disela-sela kegiatan menanam tanaman obat keluarga menyebutkan, sangat senang dengan kedatangan tim pengabdian Jurusan Farmasi. Kami mendapatkan berbagai pengetahuan tentang mamfaat tanaman dan cara pengolahannya menjadi obat, kami juga dibuatkan kebun tanaman obat keluarga sehingga kini masyarakat desa Bak Sukon memiliki kebun tanaman obat keluarga yang dibina oleh Jurusan Farmasi FMIPA Unsyiah.


Bapak Zahrawi selaku kepala desa Bak Sukon pada sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Jurusan Farmasi FMIPA Unsyiah karena telah memilih desa Bak Sukon sebagai lokasi baksos tahun ini, kegiatan seperti ini sangat membantu sekali bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi tentang tanaman obat keluarga dan kami berserta anak-anak juga jadi lebih mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan.

Ibu Lydia Septa Desiyana, M.Si., Apt selaku Ketua Jurusan Farmasi menyebutkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Unsyiah dengan selalu melibatkan mahasiswa, pada tahun ini lebih dari 100 mahasiswa terlibat pada kegiatan pengabdian.

Tedy Kurniawan Bakri, M.Farm., Apt selaku koordinator kegiatan menyampaikan harapannya agar masyarakat semakin menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan serta memahami cara pemamfaatan tanaman obat yang ada disekitarnya, selain itu bagi mahasiswa kegiatan ini semoga menjadi sarana pembelajaran yang penting untuk mengimplementasikan berbagai pengetahuan yang telah mereka peroleh selama perkuliahan bagi masyarakat khususnya di Provinsi Aceh.

Kegiatan Baksos Jurusan Farmasi Fmipa Unsyiah juga berkerjasama dengan berbagai pihak antar lain Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) cabang Banda Aceh, PLN, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan Provinsi Aceh.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya