Home
Berita
Kuliah Tamu Farmasi “Aplikasi Green Synthesis Nanopartikel di Bidang Kefarmasian”

Kuliah Tamu Farmasi “Aplikasi Green Synthesis Nanopartikel di Bidang Kefarmasian”

Jurusan Farmasi Fakultas MIPA USK, sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang bertanggung jawab dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas, berkewajiban untuk senantiasa memperbarui wawasan mahasiswa terkait aplikasi ilmu kefarmasian yang berperan penting dalam pengembangan potensi tanaman bahan obat yang ada di wilayah Provinsi Aceh. Untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, mahasiswa memerlukan kegiatan yang dapat memberikan update terkait perkembangan ilmu pengetahuan khususnya aplikasi berbagai metode dan instrumensasi di bidang kefarmasian, salah satunya adalah penerapan metode green synthesis yang dapat diaplikasikan pada teknologi formulasi sediaan bahan alam. Kegiatan yang dapat mendukung hal tersebut salah satunya adalah dengan pelaksanaan kuliah tamu jurusan/prodi.

Maka demikian Jurusan Farmasi menggagas kegiatan Kuliah Tamu Farmasi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang diberi tema: “Aplikasi Green Synthesis Nanopartikel Di Bidang Kefarmasian”. Narasumber yang diundang untuk memaparkan tema kuliah tamu tersebut adalah peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bapak Abdi Wira Septama, M.Sc., Ph.D.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk:

  1. Membuka diskusi dengan pakar riset di bidang kefarmasian khususnya terkait kimia bahan alam dan teknologi formulasi.

  2. Memperhatikan hal-hal mendasar yang diperlukan untuk mewujudkan kompetensi yang ingin dicapai oleh mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas MIPA USK sesuai dengan kebutuhan ilmu pengetahuan khususnya terkait kimia bahan alam dan teknologi formulasi.

  3. Menilai future direction terkait kimia bahan alam dan teknologi formulasi dalam pengembangan riset tanaman obat di wilayah Provinsi Aceh.